Hingga saat ini, masyarakat Indonesia masih menjunjung tinggi nilai-nilai budaya yang ada di daerahnya masing-masing. Bahkan dalam dunia pendidikan, sedang digalakkan pengenalan dan pelestarian budaya daerah kepada peserta didik melalui kegiatan pembelajaran di dalam dan di luar kelas. Oleh karena itu, setiap materi ajar diharapkan dapat dihubungkan dengan budaya yang ada di Indonesia, khusunya di daerah tempat tinggal peserta didik. Baik itu mata pelajaran yang berhubungan langsung dengan budaya seperti seni dan prakarya, sampai dengan mata pelajaran yang tidak berhubungan langsung seperti matematika. Selanjutnya, akan dibahas mengenai budaya dalam matematika.
Dalam ilmu matematika sendiri, ada yang disebut dengan etnomatematika. Etnomatematika merupakan pembelajaran yang menghubungkan matematika dengan budaya yang ada di sekitar peserta didik. Hal ini juga sejalan dengan pendapat Listin dkk, bahwa Etnomatematika merupakan sebuah pendekatan dalam pembelajaran matematika yang dihubungkan dengan suatu kelompok budaya sehingga dari produk budaya yang sudah ada dapat dijadikan sebagai sumber belajar matematika. Pada dasarnya, etnomatematika telah ada sejak pertama kali ilmu matematika diperkenalkan. Namun keberadaan ilmu etnomatematika baru disadari setelah diperkenalkan oleh beberapa ilmuan matematika sebagai bagian dari ilmu matematika itu sendiri.
Penerapan etnomatematika diharapkan dapat mempermudah peserta didik dalam memahami materi matematika karena berkaitan langsung dengan budaya setempat dan keseharian peserta didik. Hal ini bertujuan agar peserta didik tidak hanya memahami materi matematika, namun juga mampu menerapkannya untuk menyelesaikan permasalahan nyata yang ada di sekitarnya. Selain itu, pembelajaran secara kontekstual dan bermakna diharapkan dapat berlangsung dengan baik melalui penerapan etnomatematika. Hal ini karena masalah-masalah dalam konteks budaya dapat diangkat dan digunakan pada saat proses pembelajaran matematika.
Pada saat yang bersamaan, etnomatematika bukan hanya hanya akan menanamkan pengetahuan matematika terhadap peserta didik, tetapi juga akan menumbuhkan rasa cinta mereka terhadap budaya yang ada di Indonesia. Hal ini juga merupakan salah satu implementasi Kurikulum Merdeka, yaitu menciptakan peserta didik yang berkarakter dan berbudaya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa etnomatematika penting untuk diterapkan karena dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap matematika serta dapat melestarikan budaya lokal.
Sumber:
Aminah, N., dkk. 2023. Etnomatematika.
Cirebon: Lovrinz Publishing.
Kurniawati, R. 2022. Potensi
Pemanfaatan Etnomatematika pada Pembelajaran Matematika. Relevan: Jurnal
Pendidikan Matematika, 2(6), 708-714. https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/653
Weniarni, L., dkk. 2002. Etnomatematika
1. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

0 Komentar