Kesalahan yang sering dilakukan peserta didik dalam penyelesaian masalah matematika terdiri dari beberapa aspek diantaranya: kesalahan memahami fakta-fakta, kesalahan dalam pemahaman konsep atau teorema, kesalahan melakukan operasi dan kesalahan dalam memahami prinsip-prinsip. Kesalahan penyelesaian soal matematika peserta didik meliputi kesalahan konsep/teoremateorema, hal ini merupakan kekeliruan yang sering terjadi dalam menentukan teorema dan rumus untuk menyelesaikan masalah dalam soal. Kesalahan algoritma/prosedur merupakan ketidakhierarkian langkah dan kekeliruan memanipulasi aljabar dalam menyelesaikan soal. Kesalahan teknis adalah kesalahan yang sering dilakukan peserta didik dalam melakukan perhitungan yang kurang tepat. 
Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat contoh dibawah ini!
Diketahui dan
maka
adalah....
Penyelesaian :
Diketahui:
Ditanya :
Langkah 1
(samakan penyebutnya)
Langkah 2, menginverskan Fungsi Komposisi
Jangan lupa!
Jika maka inversnya nyatakan dalam ..
1) Nyatakan dalam y
2) Buatlah disisi kiri berbentuk x =...
3) Setelah hasil akhir x = ..., kembalikan y menjadi x
( kali silang )
0 Komentar