Artikel

6/recent/ticker-posts

PERAN ASSESMENT DALAM MENGENALI KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK

 

PERAN ASSESMENT DALAM MENGENALI KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK

Pembelajaran yang terapkan dalam kurikulum merdeka harus berpihak kepada peserta didik. Dimana untuk mengenali karaktersitik setiap peserta didik seorang pendidik harus melakukan observasi terlebih dahulu. Dalam mencari informasi  latar belakang dan karaktersitik ini sangat penting supaya guru lebih mudah menentukan strategi pembelajaran yang cocok untuk diterapkan ketika hendak mengajar. Strategi pengajaran terdiri atas metode dan teknik atau prosedur yang menjamin siswa mencapai tujuan.. Strategi dan metode pembelajaran berguna untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.  Strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Persoalan yang sering terjadi adalah seorang tidak bisa menentukan strategi pembelajaran yang cocok karena masih kurang memahami karakteristik peserta didik. Karakteristik siswa adalah aspek-aspek atau kualitas perseorangan siswa yang terdiri dari minat, sikap, motivasi belajar, gaya belajar kemampuan berfikir, dan kemampuan awal yang dimiliki.

Untuk mencari informasi tentang karakteristik peserta didik ini guru bisa melakukan assessment. Assesment adalah upaya untuk mendapatkan data/informasi dari proses dan hasil pembelajaran untuk mengetahui seberapa baik kinerja mahasiswa, kelas/mata kuliah, atau program studi dibandingkan terhadap tujuan/kriteria/capaian pembelajaran tertentu. Ada 3 jenis Assesment yaitu Assesment diagnostik, Assesment Formatif dan Assesment Sumatif

1.      Asessmen diagnostik, bertujuan untuk mendiagnosis kemampuan dasar siswa dan mengetahui kondisi awal siswa. Assessment Diagnostik juga berguna untuk mengetahui karakteristik peserta didik. Guru akan lebih mudah untuk menentukan strategi yang cocok dalam pembelajaran.

2.      Asesmen formatif, bertujuan untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran, serta mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran.

3.      Asesmen sumatif, yaitu asesmen yang dilakukan untuk memastikan ketercapaian keseluruhan tujuan pembelajaran.

Dengan melakukan assessment guru akan lebih mudah untuk mengevaluasi pembelajaran supaya hasil belajar peserta didik meningkat. Dan guru juga akan lebih faham dengan karakteristik peserta didik.

 

 

 

Posting Komentar

1 Komentar

Anonim mengatakan…
wowwww
keren sekali