Artikel

    Loading......

Wordwall: Media Game Edukasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa

 




Media pembelajaran interaktif cenderung lebih disukai siswa karena lebih seru dan menyenangkan. Buat media pembelajaranmu interaktif dengan Wordwall.


Pendidik dituntut untuk berkreasi memanfaatkan segala media pembelajaran yang Anda agar para peserta didik tidak cepat jenuh menerima pembelajaran. Lebih-lebih di era pandemi seperti ini, pendidik harus kreatif dalam menyuguhkan pembelajarannya. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran yang interaktif adalah Wordwall

Apa itu Wordwall?

Aplikasi berbasis website ini dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran seperti kuis, menjodohkan, memasangkan pasangan, anagram, acak kata, pencarian kata, mengelompokkan, dlsb. Menariknya lagi, selain pengguna dapat menyediakan akses media yang telah dibuatnya melalui daring, juga dapat diunduh dan dicetak pada kertas. Aplikasi ini menyediakan 18 template yang dapat diakses secara gratis serta pengguna dapat berganti template aktivitas satu ke aktivitas lainnya dengan mudah. Guru juga dapat menjadikan konten buatannya sebagai tugas.

Pengaruh Wordwall pada Minat Belajar Siswa

Pada penelitian yang dilakukan oleh Nadhirotuz Zulfah mengenai Pemanfaatan Media Game Edukasi Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa dimana peneliti melakukan observasi sekaligus praktek mengajar terlihat siswa belum menunjukkan minat yang besar dalam belajar yang ditandai dengan belum menunjukkan perasaan senang dalam belajar, belum berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, dan belum memberikan fokus yang penuh pada apa yang guru tampilkan/guru jelaskan. Selanjutnya peneliti melakukan wawancara mengenai tentang apa mereka sukai dan sebagian besar siswa menjawab bahwa mereka suka sekali bermain game. Berdasarkan hasil wawancara tersebut peneliti mencoba untuk melakukan penelitian tindakan kelas dalam rangka meningkatkan minat belajar siswa. Maka dari itu game edukasi Wordwall menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Wordwall merupakan platform berupa website yang menyediakan berbagai macam permainan kuis interaktif. Sherianto (2020) berpendapat bahwa wordwall merupakan suatu aplikasi yang dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran, referensi pembelajaran, dan instrumen penilaian untuk guru dan peserta didik. Sedangkan Halik (2021) berpendapat bahwa wordwall dapat diinterpretasikan sebagai sebuah aplikasi web yang digunakan untuk menciptakan permainan berbasis kuis yang menghibur.

Pemilihan Media Wordwall sebagai upaya meningkatkan minat belajar siswa juga dilatar belakangi oleh penelitian-penelitian terdahulu yang menunjukkan bahwa media wordwall dapat meningkatkan minat belajar siswa. Pada penelitian Shofiya Launin et al. (2022) hasil angket dalam penggunaan media game online Wordwall mengalami peningkatan sebesar 6,35 yang berarti wordwallterbukti dalam meningkatkan minat belajar siswa. Hasil yang serupa juga diperoleh dalam penelitian lain yang menunjukkan bahwa terdapat peningkatan minat belajar siswa setelah guru memanfaatkan media wordwall dalam pembelajaran (Nissa & Renoningtyas, 2021; Pradani, 2022; Setyorini et al., 2023).

Sumber:

https://www.erickunto.com/2020/11/wordwall-media-pembelajaran-interaktif.html

Nadhirotuz Zulfah. 2023. Pemanfaatan Media Game Edukasi Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. PTK: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Vol: 1, No 1,

 

Posting Komentar

0 Komentar