Media pembelajaran interaktif cenderung lebih
disukai siswa karena lebih seru dan menyenangkan. Buat media pembelajaranmu
interaktif dengan Wordwall.
Pendidik dituntut untuk berkreasi
memanfaatkan segala media pembelajaran yang Anda agar para peserta didik tidak
cepat jenuh menerima pembelajaran. Lebih-lebih di era pandemi seperti ini,
pendidik harus kreatif dalam menyuguhkan pembelajarannya. Salah satu aplikasi
yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran yang interaktif adalah Wordwall.
Apa itu Wordwall?
Aplikasi
berbasis website ini dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran seperti
kuis, menjodohkan, memasangkan pasangan, anagram, acak kata, pencarian kata,
mengelompokkan, dlsb. Menariknya lagi, selain pengguna dapat menyediakan akses
media yang telah dibuatnya melalui daring, juga dapat diunduh dan dicetak pada
kertas. Aplikasi ini menyediakan 18 template yang dapat diakses secara gratis
serta pengguna dapat berganti template aktivitas satu ke aktivitas lainnya
dengan mudah. Guru juga dapat menjadikan konten buatannya sebagai tugas.
Pengaruh Wordwall pada Minat Belajar Siswa
Pada penelitian yang dilakukan oleh Nadhirotuz Zulfah
mengenai Pemanfaatan Media Game Edukasi Wordwall Untuk Meningkatkan Minat
Belajar Siswa dimana peneliti melakukan observasi sekaligus praktek mengajar
terlihat siswa belum menunjukkan minat yang besar dalam belajar yang ditandai
dengan belum menunjukkan perasaan senang dalam belajar, belum berpartisipasi
aktif dalam pembelajaran, dan belum memberikan fokus yang penuh pada apa yang
guru tampilkan/guru jelaskan. Selanjutnya peneliti melakukan wawancara mengenai
tentang apa mereka sukai dan sebagian besar siswa menjawab bahwa mereka suka
sekali bermain game. Berdasarkan hasil wawancara tersebut peneliti mencoba
untuk melakukan penelitian tindakan kelas dalam rangka meningkatkan minat
belajar siswa. Maka dari itu game edukasi Wordwall menjadi salah satu pilihan
untuk mengatasi permasalahan tersebut. Wordwall merupakan platform berupa
website yang menyediakan berbagai macam permainan kuis interaktif. Sherianto
(2020) berpendapat bahwa wordwall merupakan suatu aplikasi yang dapat digunakan
sebagai sarana pembelajaran, referensi pembelajaran, dan instrumen penilaian
untuk guru dan peserta didik. Sedangkan Halik (2021) berpendapat bahwa wordwall
dapat diinterpretasikan sebagai sebuah aplikasi web yang digunakan untuk menciptakan
permainan berbasis kuis yang menghibur.
Pemilihan Media Wordwall sebagai upaya meningkatkan
minat belajar siswa juga dilatar belakangi oleh penelitian-penelitian terdahulu
yang menunjukkan bahwa media wordwall dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Pada penelitian Shofiya Launin et al. (2022) hasil angket dalam penggunaan
media game online Wordwall mengalami peningkatan sebesar 6,35 yang berarti
wordwallterbukti dalam meningkatkan minat belajar siswa. Hasil yang serupa juga
diperoleh dalam penelitian lain yang menunjukkan bahwa terdapat peningkatan
minat belajar siswa setelah guru memanfaatkan media wordwall dalam pembelajaran
(Nissa & Renoningtyas, 2021; Pradani, 2022; Setyorini et al., 2023).
Sumber:
https://www.erickunto.com/2020/11/wordwall-media-pembelajaran-interaktif.html
Nadhirotuz Zulfah. 2023. Pemanfaatan Media Game
Edukasi Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. PTK: Jurnal
Penelitian Tindakan Kelas Vol: 1, No 1,
0 Komentar